Profile Restbook Foundation





RESTBOOKS FOUNDATION

PRESPEKTIF

Minimnya ruang/media yang bisa mengakomodasi kreativitas produksi berpikir (karya) selalu menjadi alasan mengapa belum pesat terbitan buku-buku di Makassar. Sejumlah lembaga penerbitan yang ada justru larut dalam kapitalisasi karya secara berlebihan dan melupakan ruang kritis dan iklim diskusi termasuk iklim menulis. Akibatnya buku-buku yang terbit seperti menjauh dari pembaca, buku kehilangan spirit pembedahan dan transformasi pada masyarakat.
Adakah penerbitan yang bersifat semi-profit, dan sekaligus mengupayakan terbangunnya iklim intelektual yang dinamis? Pertanyaan ini yang sekaligus menjadi alasan kenapa kami mencoba mendirikan RESTBOOK FOUNDATION sebagai lembaga penerbitan alternatif. Lembaga ini tidak hanya diharapkan bergerak berdasarkan prinsip-prinsip penerbitan semi-profit yang lebih mengedepankan aspek humanisme, daya beli, dan mendorong spirit membaca masyarakat.

a. VISI

Mendorong terwujudnya iklim intelektual, budaya dokumentatif dan iklim membaca masyarakat melalui penerbitan, bedah buku dan iklim diskusi sebagai upaya melahirkan kesadaran kritis yang dinamis dan konstuktif, serta menfasilitasi dialog-dialog multikulturalisme untuk memberi pemahaman masyarakat terhadap isu multikultural.

b. MISI

Memberdayakan potensi anak-anak muda yang memiliki semangat berkarya dan memiliki daya transformative untuk mewujudkan masyarakat dengan kesadaran berpikir tinggi.
Menyelenggarakan proyek penerbitan semi-profit yang lebih mementingkan kapitalisasi karya-karya bermutu, serta karya-karya yang kehilangan akses dari penerbitan besar yang mengedepankan pencitraan penulis.
Menfasilitasi penyusunan teks-teks buku dengan metode-metode penulisan alternatif dan ruang diskusi yang terbuka luas.
Mendorong terwujudnya ekonomi kreatif di bidang penerbitan dengan standar keuntungan minimalis untuk mendukung regulasi penerbitan.
Menciptakan ruang publik seperti café dengan iklim intelektual, semangat egaliter dan tolerasi.
Menfasilitasi riset dan dokumentasi penelitian-penelitian lokal untuk isu-isu multikulturalisme.



c. JANGKAUAN

Restbook Foundation bergerak dari Makassar dengan jangkauan tak terbatas pada persoalan isu-isu multikulturalisme, serta secara spesifik program organisasi menjangkau wilayah Sul-sel namun untuk kebutuhan akses yang tak terbatas.


d. GARIS-GARIS BESAR PROGRAM

Institusi ini menjalankan program sebagai berikut;
Penerbitan
Program penerbitan terdiri pada tiga segmen besar antara lain;
Seri Sastra; seri ini akan spesifik menerbitkan buku-buku sastra berupa kumpulan sajak, cerpen, novel, hasil riset sastra, dan ulasan sastra.
Seri Figur; seri ini bekerja untuk menfasilitasi dokumentasi buku-buku tokoh-tokoh tertentu yang akan menerbitkan riwayat hidupnya, serta penulisan isu-isu tokoh lokal.
Seri Riset dan Advokasi: seri ini akan menfasilitasi penerbitan buku-buku hasil riset teruatama isu-isu multikulturalisme

Pemasaran buku-buku dengan tema-tema alternatif
Restbooks akan membuka akses luas untuk tersedianya buku-buku berkualitas khususnya untuk tema-tema sastra, budaya, multikultural maupun filsafat. Restbook akan membuka jaringan dengan seluruh penerbit alternative dan penerbit dengan buku-buku penting terkait focus tema di atas agar dapat diakses secara luas terutama masyarakat kampus di Makassar.

Café Baca
Café ini akan dibuka untuk semua kalangan, namun memiliki ciri khas tersendiri yakni mengedepankan terciptanya iklim membaca, melalui penyediaan buku-buku bermutu, internet gratis, dan ruang diskusi serta akses mesia massa.

Restbook Cmmunity (komunitas para pecandu buku)
Sebuah komunitas yang akan mengakomodasi para pecinta buku, penulis, mahasiswa, siswa dan berbagai kalangan penggila buku dengan komunitas lepas. Komunitas ini akan menyelenggarakan pertemuan-pertemuan rileks, pertukaran buku-buku dan upaya mengkampanyekan spirit membaca.

Diskusi buku dan kampanye baca
Diskusi buku akan dibuka setiap periode-periode tertentu, pasca penerbitan buku-buku tertentu atau buku-buku dengan tema-tema multikulturalisme. Restbook juga akan menfasilitasi terwujudnya diskusi buku di masyarakat yang selama ini belum mengenal iklim diskusi terutama di desa-desa.

Advokasi dan riset mengenai isu-isu multikulturalisme
Advokasi masyarakat akan kami fasilitasi untuk isu-isu multikulturalisme serta menfasilitasi penggandaan hasil riset untuk dapat diakses semua kalangan.


e. PENGGIAT RESTBOOK FOUNDATION
Direktur : Anis Kurniawan, SSDirektur Pelaksana : Nurcholish IR Manager Penerbitan, Riset dan diskusi: Ramli Palammai, S. SiManager Usaha: SupriadiManager Keuangan: A. NurhayaniEditor: Arham Rahman
Pustakawan: Besse Tenrirawe
Networking: Andhika Mappasomba
f. FOUNDING
Kami akan bekerjasama secara terbuka dengan founding yang tidak mengikat dan memiliki kesamaan visi, secara garis besar sumber-sumber itu sebagai berikut;
· Lembaga Donor Nasional/internasional
· Pemerintah terkait program
· Tokoh yang peduli terhadap visi program
· Subkontrak proyek-proyek penerbitan buku-buku profil.
g. KAPASITAS INTERNAL
kapasitas internal organisasi diperkuat oleh para penulis, pecinta buku, peneliti dan orang-orang yang memiliki kepedulian tinggi terhadap buku dan isu-isu multikulturalisme. Dengan demikian, program akan dijalankan tanpa masalah dengan sumber daya internal dan tentu saja dengan komitmen moral untuk menghidupkan kebudayaan membaca.

MEKANISME DONATUR

Restbook Foundation akan dibuka/didirikan sebagai lembaga semo-profit berbadan hokum dan digerakkan oleh manajemen organisai yang berkapasitas. Belum tersedianya pendanaan yang cukup menjadi kendala, oleh sebab itu kami membutuhkan kepedulian pihak-pihak tertentu untuk berpartisipasi menjadi donator.
Donator berasal dari sejumlah kalangan, memiliki interest terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, mencintai buku dan berminat untuk menghidupkanproduktivitas ekonomi kreatif di kalangan anak muda. Berikut beberapa ketentuan mengenai donator yang berpartisipasi pada pendirian organisasi;

Siapa donator pendiri? Donator pendiri bukan lembaga (institusi pemerintah, perusahaan maupun donor), donator bersifat pribadi dan berinisiatif untuk membantu terwujudnya visi organisasi.
Kewenangan/hak donatur pendiri, donatur pendiri berpartisipasi terhadap proses perjalanan awal organisasi. Donatur pendiri berhak dimasukkan namanya sebagai Dewan Pakar organisasi dan berhak penuh dalam hal control manajemen dan orientasi setiap program (sebagaimana ketentuan organisasi). Jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan visi organisasi Dewan pakar berhak menarik dananya kembali dan mengusulkan re-strukturisasi. Donatur pendirian akan diundang, dilibatkan dalam setiap program.
Besaran dana untuk donatur pendiri, donatur bisa berpartisipasi dengan tiga cara antara lain;
Menyumbang antara 1 juta—10 jta rupiah.
Memilih salah satu (atau beberapa) poin pendanaan yang ada.
Sumbangsi berbentuk barang bisa menyesuaikan dengan barang-barang yang dibutuhkan organisasi.
investasi/sumbangan di atas 5 juta akan mendapatkan hak pendapatan dari keuntungan program profit organisasi.
Hak pendapatan donatur, donatur dengan sumbangsih di atas 5 juta akan berhak mendapatkan 5 % setiap keuntungan program dan di atur melalui manajemen keuangan organisasi.
Pihak yang bersedia membantu pendanaan diharapkan mengirimkan melalui rekening BNI cabang Makassar No: 0124304102 atas nama Anis K. Al-Asyari.
Transfer bantuan sebaiknya pada periode bulan Februari 2009 untuk mendukung kesiapan pendirian organisasi.
Para donatur yang bersedia masuk sebagai Dewan Pakar akan diundang dalam pertemuan antar dewan pakar dan dewan pengurus sewaktu-waktu.





PENDIRIAN ORGANISASI

Resbook Foundation didirikan di Makassar pada tanggal 20 Januari 2009 dan akan mulai melakukan perencanaan program pada Februari 2009.

KONTAK

Untuk konfirmasi, Anis Kurniawan, Asrama Lompobattang A 18 Makassar, 0411-9182598, email: bersikuku_19@yahoo.co.id





























0 Comments:

Post a Comment